top of page
Search
  • Writer's pictureBaramoeda

Survival Mode On; In Pandemic Covid-19

Oleh: M. Syahrir


Haii guys, apa kabar ? Gimana nih, hari-hari kalian? I hope we have be everything all right, sehat selalu dan tak lupa bersyukur setiap harinya yah. Corona virus atau yang lebih dikenal dengan sebutan Covid-19 tak terasa sudah cukup lama berada di tengah-tengah kita, sejak kemunculan pertamanya di penghujung tahun 2019, tepatanya pada bulan desember, pengumuman kasus pertama virus Covid-19 ini terjadi dikota Wuhan, provinsi Hubei, China. Data terbaru perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia per tanggal 25 Mei 2020 yaitu, 22.750 positif, 5.642 sembuh, dan 1.391 meninggal, jumlah ini akan terus bertambah apabila kita terus membandel, dan tak mengindahkan himbauan aturan dari pemerintah. Di tengah wabah pandemic yang sedang kita hadapi bersama, sadar gak sih ada yang berubah dari kita ?, entah kita sadar ataupun tidak, kondisi saat ini bisa dikatakan cukup berhasil merubah kebiasan dan perilaku kita loh. Mulai dari kita yang biasa beraktivitas diluar, sampai dipaksa untuk tetap #Stayathome, demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Nah, terus apa yang bisa kita perbuat ?, paling tidak kita punya solusi untuk diri sendiri agar tetap lestari, untuk itu aku ngajak kalian agar menyetel apa yang ada pada diri kita (manusia), ini merupakan naluri alami yang ada pada setiap mahluk hidup, apakah itu ? jawabannya ialah “Survival” (bertahan). Yaah, survival mode on atau mengaktifkan naluri bertahan hidup ditengah kondisi yang serba kekurangan adalah sebuah langkah konkrit untuk solusi yang kita cari, dengan cara mengirit sumber daya dan menggali potensi diri, agar kita selalu muncul menjadi pemenang dikala sulit. Survival mode on; in pandemic covid-19 :

Mengirit Sumber Daya

Sumber daya merupakan suatu hal yang sangat penting ditengah kondisi sulit dan serba kurang seperti yang tengah kita alami sekarang. Maka dari itu, kita wajib tau bagaimana cara menyiasatinya agar sumber daya yang kita butuhkan tetap terpenuhi. Misalkan seperti bahan pokok makanan, walaupun hanya #Dirumahaja, kita tetap bisa kok memenuhi kebutuhan harian bahan pokok makanan yang kita perlukan, yaitu dengan cara menanam atau berkebun dirumah. Gak usah khawatir ngak punya tempat untuk berkebun dirumah, dizaman sekarang banyak cara kok untuk lakuin itu semua, tinggal searching aja di om google pasti ketemu, Hehehe.

Menggali Potensi Diri

Ada banyak cara untuk kita biar gak bosen saat berada #Dirumahaja, ini juga termasuk dalam cara kita bertahan hidup di kondisi sekarang dan merupakan bentuk kegiatan yang posistif agar kesehatan mental kita tetap terjaga. Ketika berada #Dirumahaja, inilah saatnya untuk mencari tahu apa potensi yang kita miliki, ada banyak waktu luang untuk menggali potensi diri ketika sedang berada #Dirumahaja. Sebelum menggali potensi apa yang ada pada diri kita, langkah awalnya adalah dengan mengenalinya terlebih dahulu, sebenarnya apa sih yang diri kita mau, apa yang selama ini ingin kita kerjakan, bagaiamana caranya kita ngelakuinya, dan apakah setelah kita melakukan itu ada kebaikan yang kita dapat, walaupun hanya sekedar kepuasan batin semata setelah mengerjakan hal tersebut.

Baiklah, itulah sedikit ulasan mengenai cara kita untuk bisa bertahan hidup (Survival mode on), ditengah situasi yang kurang mengenakan tetapi tetap wajib juga disyukuri, karena kita gak pernah tau rencana indah apa yang telah Tuhan persiapkan untuk kita setelah wabah pandemic ini berakhir. Nah, mungkin segitu dulu yang dapat aku tulis dan bagikan ke teman-teman pembaca setia di website @Baramoeda, semoga bermanfaat dan menginspirasi yaah.

Reference:

Detik.com (Update data perkembangan covid-19 di Indonesia) [di akses pada 25 Mei 2020].


20 views0 comments
Post: Blog2_Post
bottom of page